06 Februari 2008

Pilpres Amerika Serikat

Hasil sementara Super Tuesday Primaries sebagai salah satu rangkaian proses Pilpres AS, John McCain unggul di sisi Republican dengan 615 delegates, lawan terdekatnya Mitt Romney 268 delegates, dan yang diperlukan untuk menang 1191. Kalau perkiraan saya per sekarang, McCain akan mendapatkan nominasi Republican. (Tentunya bisa saja terjadi kejutan, dan seperti kata orang Amerika: It ain't over till it's over).

Di sisi Democrats, Hillary Clinton dan Barack Obama masih bersaing ketat, jadi saya perkirakan masih akan ketat dan seru. Siapapun yang menang, tetap saja Amerika mencetak sejarah baru, dimana orang yang non laki-laki kulit putih yang menjadi kandidat presiden untuk partai besar (yang ada dua: Democrats dan Republican)

Perjalanan masih panjang sampai Pilpres bulan November nanti, kita tunggu saja. Dan benar-benar panjang, tidak seperti di Indonesia yang serba dipaksakan instan oleh regulator, seperti kampanye resmi 2-3 minggu saja. Saya benar-benar tidak mengerti kenapa harus dibatasi. Harusnya dibebaskan, mau kampanye 1 bulan, atau 4 tahun, ya harusnya sama saja, justru makin lama makin bagus karena makin dikenal oleh rakyat (dan dikenal baik dan buruknya, termasuk rakyat bisa melihat jumlah uang yang dikeluarkan).

Justru dengan cara begitulah akan terlihat siapa calon yang mulutnya seperti headline "Rakyat Merdeka", dan siapa calon yang seperti headline "Bisnis Indonesia". (Saya tidak bilang salah satu dari dua itu benar atau salah lho...)

Tidak ada komentar: